Menu Close

Kesimpulan Dari Manajemen Operasi Internasional

Batas – limit nasional, perbedaan budaya, serta jarang geografis tidak lagi menjadi halangan bagi marketing untuk memasuki banyak suceder. Bisnis telah benar-benar telah menjadi global dalam pasar-pasar yang berkisar dari obat-obatan dan sampai penerbitan serta rekayasa teknologi. Memilih serta menerapkan strategi internasional dalam tepat membuka peluang perusahaan menjadi perusahaan global.

Hal tersebut menyebabkan pertumbuhan pasar bervariasi dari suatu negara dengan negara lain. Perbedaan-perbedaan yang terjadi pada cross-country juga dapat ditemukan dengan adanya variasi ataupun perbedaan dalam biaya-biaya distribusi dan biaya manufaktur. Sesuatu ini dapat terjadi hal ini karena disetiap negara aktivitas-aktivitas produksi masing-masing perusahaan perbedaan. Buat perusahaan yang berada dalam pasar domestik yang luas dengan aktivitas produksi dalam besar tentunya biaya-biaya yang dikeluarkan juga besar, begitupun sebaliknya untuk perusahaan dalam berada dinegara yang punya pasar domestik yang sempit. Dimensi pertama dari type ini adalah factor produksi adalah input yang dibutuhkan untuk bersaing disetiap business seperti tenaga kerja, tanah, sumber daya alam, modal dan infrastruktur tentu aja terdapat factor-faktor dasar dan maju, factor khusus.


Analisis pasar merupakan suatu komponen yang sangat penting pada hal perencanaan pemasaran salahsatu produk. Dengan melakukan analisis pasar, diharapkan dapat menambahkan omzet penjualan dan upah perusahaan.

Kalau sebuah negara memiliki factor-faktor produksi maju dan khas sekaligus maka negara ini dapat melayani dengan benar para pesaing dari di dalam negeri, sekaligus juga para pesaing global. Ironisnya, negara-negara sering kali mengembangkan factor-faktor yang sudah maju dan khusus karena mereka kekurangan sumber daya yang bernilai. Pasar-pasar skala besar meraih menentukan tingkat keuntungan investasi, seperti pabril dan peralatan modal atau ivestasi dibidang Riset dan Pengembangan.

Suatu perusahaan termotivasi tuk memperluas pasarnya diluar ocurrir domestiknya dengan menggunakan taktik melalui suatu pendekatan situation- driven, berdasarkan budaya, kependudukan dan kondisi pasar. Sebuah produk yang cocok disuatu daerah belum tentu pas dinegara lainnya, bisa dikarenakan oleh budaya dan gaya hidup. Jadi produk yg ditawarkan disetiap negara disyaratkan disesuaikan dengan selera dan keinginan dari pembeli lokal.

Aliansi strategis terkait jua dengan konsep seperti koalisi internasional, jaringan strategis, joint venture. Strategi ini dilakukan akibat perusahaan jasa dan store yang melakukan ekspansi global. Keuntungan strategi ini antara lain franchises membawa serta biaya-biaya dan risiko dalam menetapkan lokasi/tempat aktivitasnya dan juga franchisor hanya melakukan pengeluaran untuk rekruitmen sumberdaya orang, pelatihan. Kerugiannya adalah bahwa franchisor harus selalu mengurus kualitas dari produk tersebut. Gunakan aliansi strategis ataupun usaha patungan dengan perusahaan asing sebagai kendaraan primer memasuki pasar luar negeri.

Selain kebutuhan akan pasar yang besar untuk menutup biaya yang banyak dikeluarkan di dalam R & D, menyebabkan produk-produk baru menjadi cepat using. Oleh karena tersebut, investasi pun harus menghasilkan ditutupi dengan lebih ekspress, selain itu kemampuan perusahaan untuk mengembangkan teknologi anyar semakin besar, dan karena undang-undang hak paten dalam berbeda-beda. Sehingga arena Internasional menampilkan peluang sekaligus ancaman bagi perusahaan – perusahaan yang sedang mencari daya saing strategis di pasar-pasar global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *